Asal Bata, Tentukan Kwalitas Bata dan Harganya. Bata Terbaik Dari Daerah Mana?

Karena terbuat dari material yang berbeda-beda, meskipun sama-sama tanah, namun batu bata pun memiliki kwalitas yang berbeda-beda, tergantung dari mana asal atau lokasi pabriknya. Kwalitas dilihat dari saya tahan patah/hancur serta kerapihan batu bata tersebut. Batu bata yang rapih, akan lebih memuaskan konsumen, apalagi jika ingin digunakan pada dinding ekspose.

Karena kwalitas yang berbeda-beda ini pula, konsumen atau kontraktor serta para tukang bangunan di Jabodetabek mengenal beberapa jenis batu bata dengan kwalitas dan harga yang berbeda-beda. Bagi mereka yang sudah mengetahui, perbedaan harga ini menjadi sebuah kewajaran. Namun, buat yang masih awam, tentu saja informasi ini perlu diketahui agar lebih tepat dalam menentukan material batu bata apa yang terbaik dari sisi kwalitas dan harga.

Berikut beberapa jenis batu bata berdasarkan daerah asal serta keunggulan-keunggulannya:

BATA CILEGON

Dari segi kwalitas, batu bata Cilegon tidaklah jauh berbeda dengan batu bata asal Garut. Ciri-ciri khusus yang dimiliki pun nyaris sama. Hanya, dari sisi ukuran, batu bata Cilegon umumnya sedikit lebih kecil dengan ukuran rata-rata 20 x 10 x 4 cm dengan toleransi susut maksimal 2 milimeter.

 

 

Ciri-ciri khusus:
– Nyaring bunyi bata beradu bata
– Warna merah bata
– Kadar pasir yang proporsional
– Tidak mudah hancur
– Bagus untuk jadi dinding ekspose

Batu bata Cilegon sangat terkenal di kawasan Tangerang, Serpong dan Bintaro. Perumahan-perumahan elit di kawasan ini, rata-rata menggunakan batu bata asal Cilegon dan Kramat Watu, di dekat Cilegon. Hal berikut yang memudahkan adalah akses transportasi dari Cilegon ke Jakarta yang relatif mudah serta lancar sehingga meskipun berjarak jauh namun perhitungan harga beli di Jakarta, masih kompetitif dengan bata seukuran dari daerah lain.

BATA CIKARANG – KARAWANG – CIKAMPEK – PARUNG PANJANG

Batu bata jenis ini tidak sulit Anda temui. Datang saja ke toko material, maka Anda bisa mendapatkan batu bata ukuran kecil, 18 x 9 x 3.7 cm, nah itulah batu bata Cikarang. Perbedaannya dengan batu bata Karawang dan Cikampek hanya di ukuran saja, lebih besar sekitar 20 x 10 x 4. Namun, mereka memiliki kesamaan dalam kwalitas produknya.

Ciri-ciri khusus:
– Material tanah padat, bobotnya berat namun tidak nyaring jika batu bata saling beradu.
– Kadar pasirnya rendah sehingga bata mudah patah dan hancur
– Jika tidak matang, mudah hancur terendam air
– Warnanya merah pucat bahkan bercampur orange dan putih
– Bekas potongannya tidak rapih dan kasar

Karena kadar pasirnya  rendah dan lempungnya tinggi, pada saat pembuatannya, material tanah harus dicampur dengan sekam padi sebagai serat pengikat unsur lempung tanah. Karena serat pengikat sekam padi ini memiliki keterbatasan daya ikat, batu bata ini tidak boleh langsung terkena sinar matahari sebab akan patah dan hancur. Itu sebabnya, pabrik bata di Cikarang, Karawang dan Cikampek tidak menjemur batu batanya di alam terbuka. Hal ini yang menyebabkan sulitnya mendapatkan batu bata dari kawasan ini di saat musim hujan.

BATA SUKABUMI

Belakangan ini konsumen/kontraktor/tukang yang ingin mendapatkan bata dalam ukuran besar, selalu mencarinya ke Sukabumi. Cisaat merupakan sentra batu bata yang belakangan sering dikunjungi karena ketebalan bata di sana mencapai 6 cm dengan panjang 21 s/d 22 cm dan lebar 11 cm. Kwalitas batu bata Sukabumi, sedikit lebih bagus karena material tanahnya meskipun berasal dari bekas persawahan, namun kadar pasirnya sudah mulai ada sehingga daya tahannya lebih baik.

Ciri-ciri khusus:
– Sedikit kadar pasir
– Ukuran jumbo dan warnanya merah tua
– Bekas potongannya masih kasar

Bagi pembeli dari Jabodetabek, kendala utama membeli batu bata dari Sukabumi adalah ongkos transport yang tinggi, bahkan hampir menyamai harga batu batanya sendiri.

BATA GARUT

Sejumlah konsumen yang sangat selektif memilih material bata yang bagus, tentu sudah mengenal batu bata asal Garut. Dengan ukuran rata-rata 20 x 10 x 5 cm, batu bata Garut memiliki kwalitas yang bagus dan sudah dikenal luas, khususnya di Bandung dan sekitarnya.

Ciri-ciri khusus:
– Nyaring bunyinya jika bata beradu bata
– Warna merah bata
– Kadar pasir yang proporsional
– Tidak mudah hancur
– Bagus untuk jadi dinding ekspose

Bagi pembeli dari Jabodetabek, kendala utama membeli batu bata dari Garut, sama dengan bata Sukabumi yakni ongkos transport yang tinggi, bahkan hampir menyamai harga batu batanya sendiri.

Untuk Pemesanan Bata Cilegon
Hubungi : 081219502133 atau 0878-8531-1231

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s