Batu Bata Dipakai Sejak Menara Babel

32

Penulis: Ferdinand Lamak (Dari berbagai sumber)

Anda tentunya pasti pernah menggunakan batu bata merah. Tetapi, tahukah Anda, jenis bahan pembuat bangunan ini pertama kali ditemukan oleh siapa dan bagaimana perkembangan hingga kini? Nah, asal tahu saja, batu bata (bata merah) sudah mulai dikenal sejak tahun 8000 SM. di Mesopotamia. Di sana dan saat itu, manusia menemukan pertama kali bahwa tanah liat dapat dibentuk dan di jemur untuk menghasilkan bahan bangunan. Anda bisa melihat, bagaimana Menara Babel dibangun dengan menggunakan batu bata yang dijemur. Tak hanya di Mesopotamia dan Babylonia, Batu bata juga digunakan di banyak bagian dari Timur Tengah, Afrika Utara dan Amerika Tengah dan Utara. Pada peradaban abylonia (+/- 4000 B.C.) yang dibangun di lembah antara sungai Tigris dan sungai Efrat.

Lumpur tebal dan tanah liat dari sungai-sungai ini sangat cocok untuk pembuatan batu bata, yang kemudian menjadi bahan bangunan yang umum pada peradaban tersebut. Kerajaan dan kuil di bangun dari batu bata jemur, dan permukaannya menggunakan batu bata berlapis/kilap. Penggalian akhir- akhir ini di Mesir, menunjukkan bahwa pada masa Mesir kuno telah digunakan batu bata yang  dijemur dan yang dibakar menggunakan tungku untuk pembangunan rumah dan tempat suci. Orang Roma juga menyebarluaskan penggunaan batu bata, antara lain pembuatan batu bata masuk ke Inggris setelah serangan Roma pada 54 SM, seperti untuk pembangunan Kastil Colchester yang dibangun dari 1080batu bata bekas. Sekarang kastil ini dipakai sebagai museum sejarah.

Batu bata Roma memiliki ketebalan yang sangat tipis dibanding dengan panjangnya. Dimana bata-bata tersebut diletakkan di atas lapisan mortar (campuran untuk melekatkan batu bata) yang tebal. Setelah jatuhnya/runtuhnya Roma pada 410 M, maka seni membuat batu bata tersebut hilang di seluruh eropa hingga awal dari abad ke 14. Industri batu bata kembali marak setelah Flemish masuk ke Inggris pada abad tersebut.

Bangunan-bangunan batu bata yang pertama di benua Amerika Utara di bangun pada tahun 1633 di Pulau Manhattan dengan menggunakan batu bata yang diimpor dari Belanda dan Inggris. Bagaimanapun juga pemanfaatannya baru maksimal hingga ditemukan pembakaran batu bata dengan tungku yang menghasilkan batu bata yang betul-betul awet. Tungku batu bata yang pertama dioperasikan di Amerika Serikat adalah sekitar tahun 1650. Batu bata yang dihasilkan pada masa lampau mungkin agak sulit untuk dikenali karena spesifikasi yang sangat berbeda. Misalnya batu batadari Assyria, ditengah Mesopotamia beratnya lebih dari 18 kilogram, atau batu bata dengan bentuk segitiga digunakan untuk membangun Coloseum Roma, lagi pula batu bata umum yang beredar di pasaran sangat tipis menyerupai tegel lantai saat ini.

Demikianlah sejarah batu bata yang hingga kini masih dan akan terus kita pergunakan, entah sampai kapan.

Anda butuh Batu Bata untuk bangun atau renovasi properti Anda?

Hubungi: 081219502133/ PIN BB 29f2579c / 081237314416

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s